Minggu, 05 Mei 2013

Cloud Computing

Cloud Computing merupakan teknologi yang sepertinya akan menjadi ujung tombak untuk menunjang kebutuhan penyimpanan yang lebih mumpuni. Dengan menggunakan teknologi teranyar ini kita dapat menyimpan data tanpa harus membawa media penyimpanan secara fisik seperti hardisk, flashdisk dan sejenisnya. Cukup terhubungan dengan server yang menyediakan layanan cloud computing, maka kita dapat langsung mengakses keperluan kita yang telah tersedia didalam server. Selain itu kita juga dapat menggunakan resources yang disediakan untuk berbagai keperluan.
Server mengintegrasikan resources yang user butuhkan sehingga tercipta sebuah sistem yang dapat menunjang kebutuhan user akan akses resources dimana saja dan kapan saja. Cloud computing sebenarnya berbasis pada grid computing yang menggabungkan beberapa resources didalam satu komputer sehingga  skalabilitas suatu sistem komputasi menjadi sangat besar. Saat ini teknologi cloud computing sedang berkembang pesat didalam dunia bisnis dimana perusahaan menggunakan teknologi ini untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi pemrosesan data. Setiap perusahaan cukup menyimpan data dan resources yang dibutuhkan didalam server, kemudian perangkat milik user tinggal melakukan request untuk memperoleh data  yang diinginkan dan menggunakan resources yang dibutuhkan. Sehingga tercipta sistem database yang lebih terpusat guna mengurangi biaya - biaya resources lain yang tidak efisien.
Saat ini cloud computing juga tengah berkembang sangat pesat dan sangat berperan dalam industri smartphone. Semua kebutuhan pengguna smartphone telah disediakan oleh vendor sehingga mengurangi beban memori pada smartphone. Sebagai contoh Google Drive, merupakan salah satu fitur berbasis cloud computing yang menyediakan media penyimpanan diserver sebesar 5 GB. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan sinkronisasi dengan PC sehingga penyimpanan pun semakin praktis.
Masa depan cloud computing dapat dipastikan akan melejit seiring karena manfaatnya yang dirasa luar biasa bagi berbagai perusahaan. Hal ini dikarenakan teknologi ini benar - benar dapat memotong anggaran dan meningkatkan keamanan penyimpanan data mengingat dengan sistem penyimpanan yang biasa sangat besar kemungkinan terjadinya kerusakan dari berbagai perangkat penyimpanan. Namun, dengan hadirnya teknologi cloud computing semua itu dapat diminimalisir. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar