Selasa, 12 Maret 2013

MY PI

Penulisan Ilmiah! Ya, salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa dan mahasiswi semester 6 Universitas Gunadarma agar dapat mengikuti sidang kelulusan. Penulisan ilmiah itu sendiri adalah sebuah simulasi skripsi menurut saya karena tata cara penulisannya pun memang sesuai standar skripsi, hanya saja bobot topiknya yang tidak terlalu kompleks seperti skripsi. Nah, pada awalnya saya kebingungan dalam mendapatkan ide untuk penulisan ilmiah saya. Kemudian, saya mengikuti seminar mengenai penulisan ilmiah yang diadakan oleh pihak kampus bagi mahasiswa semester 6 kebawah. Seminar ini sangat membantu dan membuka pikiran saya bahwa penulisan ilmiah bukanlah hal mengerikan dan sesulit pikiran saya. Cukup cari ide - ide yang bisa didapatkan dari lingkungan sekitar kita. Kita bisa mengkomputerisasi kegiatan dilingkungan sekitar kita yang masih menggunakan metode konvensional. 

Berdasarkan pengalaman saya yang beberapa kali menemani teman - teman saya mencari kost - kostan diwilayah Margonda dan Kelapa 2 dengan berjalan kaki yang cukup membuat lelah, kesal dan membuang waktu. Dari pintu ke pintu saya dan teman saya berjalan menanyakan kamar kosong. Jawaban yang sering saya dapatkan adalah kamar penuh karena populasi anak kost di wilayah Depok memang luar biasa. Wajar, karena di wilayah Depok dan sekitarnya terdapat beberapa kampus ternama seperti Universiitas Gunadarma, Universitas Indonesia, BSI, Universitas Pancasila dll. Kadang beberapa kost tersedia kamar namun fasilitas dan posisinya kurang strategis dalam mencapai akses jalan raya dan penjual makanan sehingga terpaksa kami kembali berjalan kaki ditengah teriknya sinar matahari depok yang cukup membakar kulit. Ya, memang pada akhirnya kami menemukan kostan yang sesuai meskipun dengan susah payah dan adu cepat dengan para pencari kostan lainnya. Berdasarkan pengalaman sangat tidak praktis tersebut saya memutuskan untuk membuat aplikasi untuk mencari kostan yang dapat dioperasikan melalui PC, Laptop dan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Kalo perlu aplikasi ini bisa dioeprasikan melalui website agar dapat menjangkau semua orang yang memiliki keterbatasan perangkat.

Terdengar sederhana memang tapi semoga ide saya ini dapat terealisasi dan menjadi salah satu judul penulisan ilmiah saya. Harapan saya aplikasi ini dapat membantu orang - orang yang sedang mencari kost diwilayah depok, namun sampai detik ini saya masih belum tahu bagaimana aplikasi ini akan dibuat. Saya masih menunggu arahan dari dosen pembimbing dalam penggunaan bahasa pemrograman dan database yang akan digunakan. Selain itu, saya masih memikirkan cara untuk mengumpulkan data dari kost - kostan wilayah Margonda dikarenakan jumlah kostan yang tidak sedikit. Sekian saja cerita My PI dari saya semoga penulisan ilmiah dapat berjalan lancar dan tepat waktu. Mohon doa dan dukungannya, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar