Minggu, 10 Maret 2013

Network Etiquette

Network Etiquette atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai etika dalam penggunaan internet merupakan norma - norma yang harus kita ketahui dan terapkan didalam dunia maya layak halnya seperti kehidupan sosial sehari - hari. Sadar atau tidak, dunia maya juga sama seperti dunia tempat kita hidup sehari - hari dimana setiap interaksi yang terjadi diperlukan etika atau tata laku yang umum agar dapat menjaga keharmonisan dan kenyamanan dalam mengakses internet bagi para penggunanya. Tentunya hal ini sudah lumrah kita ketahui namun apakah kita sudah menerapkannya dalam aktivitas didunia maya ? Untuk memahami lebih lanjut lagi mengenai etika dalam berinternet maka saya akan sedikit kembali mengulasnya.

Banyak sekali forum diskusi yang tersedia didunia maya, hal ini menyebabkan diskusi yang terjadi antar pengguna forum tersebut diseluruh pelosok dunia yang melibatkan suku, agama, ras, bangsa, status sosial dan berbagai hal yang menyangkut pribadi seseorang. Apabila kita sudah membahas hal pribadi tentunya akan terdengar sangat sensitif, salah satu etika yang berlaku dalam berselancar didunia maya adalah jangan melakukan penghinaan terhadap SARA. Apakah menurut Anda ini hal sepele ? Bagi saya ini merupakan hal yang sangat sensitif dan besar dampaknya karena apabali sebuah golongan tersinggung maka dapat memicu konflik yang dapat menyebabkan kerusakan dan perpecahan. Oleh karena itu sebaiknya jangan membawa masalah SARA apabila kita sedang berdiskusi disebuah forum dunia maya. Ya, memang di Indonesia ini penghinaan terhadap SARA langsung atau tidak langsung sering terjadi, bahkan tidak sedikit tayangan televisi yang menyajikan hal tersebut sehingga memberi contoh yang buruk. Hal ini kemudian ditiru oleh sebagian kalangan, menurut mereka ini menjadi hal yang lumrah karena contoh dari para publik figur kemudian mereka membawa kebiasaan buruk tersebut ketika melakukan diskusi di dunia maya. Jadi, hilangkan lah berkomentar yang negatif dan bersifat menjelekan suatu golongan. Cobalah berkomentar positif dan membangun sehingga keakraban dan diskusi yang mengarah kepada penyelesaian suatu permasalahan atau pengembangan suatu topik dapat menjadi lebih kondusif dan mendidik. Mengapa hal ini penting ? Karena internet merupakan sebuah dunia terbuka dimana setiap orang dapat menyaksikan dan membaca apa yang kita diskusikan sehingga sangat besar dampaknya bagi perkembangan mental suatu golongan.

Internet pula menyediakan berbagai file multimedia, buku dan hal - hal lain yang memiliki hak cipta. File - file tersebut dapat dengan mudah kita unduh guna memuaskan kebutuhan kita. Ada yang bersifat gratis maupun berbayar kepada si pencipta karya tersebut. Ya, sudah menjadi budaya manusia untuk mendapatkan sesuatu dengan usaha yang seminimal mungkin bahkan tanpa usaha untuk memperoleh hasil yang maksimal. Begitu pula didalam dunia maya, kita sudah terbiasa mengambil karya cipta orang lain tanpa memberikan kontribusi bagi pencipta karya tersebut. Memang, sepele menurut beberapa bahkan banyak orang, tapi sadarkah perbuatan tersebut melanggar etika seperti kita mengambil makanan orang lain tanpa seizin empunya makanan tersebut dalam kehidupan sehari - hari. Konsekuensi hukum sendiri dapat ditanggung bagi yang melakukannya, untung saja penegakan hukum dunia maya masih belum begitu keras sehingga kita masih bisa berleha - leha melakukan "tindak kriminal" tersebut. Dosa ? tentunya apabila kita memikirkan lebih dalam ke sisi religius bahkan bisa dikategorikan sebagai dosa seorang pencuri.

Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kesadaran dan pengetahuan mengenai etika dalam berinternet sehingga kita tidak merugikan golongan - golongan tertentu yang menggantungkan hidupnya dari karya - karya mereka  yang sering kali dicuri dan digunakan tanpa mendapat keuntungan sepeserpun. Hal ini dapat mematikan bagi perkembangan industri teknologi kita. Etika didalam penggunaan internet yang dilakukan secara berkesinambungan dapat menyebabkan kualitas komunikasi yang harmonis atar golongan yang tentunya dapat meningkatkan rasa solidaritas dan persatuan golongan tersebut. Alangkah indahnya apabila hal ini dapat berlanjut kedalam kehidupan kita sehari - hari. Jadikanlah internet yang beretika sebagai media pemersatuan dan pembelajaran. Sekian dan terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan semoga dapat mengurang kebiasaan kita yang mungkin belum beretika. Sampai jumpa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar