Sabtu, 09 Maret 2013

LAN VS WLAN

Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai LAN (Local Area Network) dan WLAN (Wireless Local Area Network). Pada tulisan kali ini saya akan membandingkan kemampuan kedua tipe jaringan tersebut berdasarkan kecepatan dan kemudahan dari kedua jenis jaringan tersebut sehingga kita dapat menyimpulkan tipe jaringan mana yang cocok digunakan guna meningkatkan efisiensi pengiriman dan penerimaan data dalam jaringan.

LAN (Local Area Network) merupakan salah satu tipe jaringan yang menghubungkan beberapa komputer didalam suatu area terbatas seperti perkantoran, kampus, sekolah, rumah dan area yang ruang lingkupnya tidak terlalu luas. Tentunya koneksi LAN dibangun berdasarkan koneksi antar kabel sehingga dalam instalasinya selain membutuhkan router sebagai receiver dan transmitter data, dibutuhkan juga sambungan kabel sesuai dengan cakupan wilayah LAN tersebut. Satu komputer biasanya digunakan sebagai server yang   mengatur aktifitas didalam jaringan LAN dan menyediakan file - file atau fasilitas lain yang dibutuhkan oleh komputer - komputer yang terhubung dengan jaringan LAN atau biasa disebut Workstation. Server ini mengatur hak akses dan menyediakan sumberdaya yang dibutuhkan oleh pengakses jaringan LAN. Para pengguna LAN dapat berinteraksi didalam jaringan tersebut dengan menggunakan aplikasi sehingga memungkinan terjadinya sharing data antar pengguna. Selain itu pengguna dapat menyimpan data didalam server apabila diperlukan namun dengan hak akses yang telah diberikan terlebih dahulu. Selain itu, pengguna LAN juga dapat menggunakan printer apabila disediakan oleh server, hal ini biasa digunakan oleh Warung Internet yang menyediakan jasa print sehingga setiap komputer tidak memerlukan printer masing - masing yang tentunya akan sangat memangkas biaya usaha. Hak akses terhadap LAN hanya bagi komputer yang terhubung melalui kabel LAN dari server sehingga pengguna yang ingin mengakses harus menghubungkan perangkat komputer/laptop dengan kabel LAN. Sekian penjelasan mengenai jaringan LAN, selanjutnya saya akan membahas mengenai WLAN (Wireless Local Area Network). Kecepatan transfer data berikisar antara 1 - 100 Mbps.

WLAN (Wireless Local Area Network) merupakan tipe jaringan yang prinsipnya sama dengan LAN yaitu menghubungkan beberapa komputer didalam suatu area tertentu dalam ruang lingkup yang terbatas seperti dijelaskan diatas. Namun, WLAN menggunakan gelombang atau gelombang cahaya sebagai media transmisi data sehingga dalam instalasinya tidak dibutuhkan kabel untuk menghubungkan komputer - komputer didalam workstation cukup dengan router yang dapat memancarkan gelombang radio dengan cakupan jarak tertentu. Hak akses WLAN yaitu cukup dengan menggunakan perangkat komputer/laptop yang mempuyai perangkat PCI Adapter Card yang mendukung WLAN. Kecepatan transfer data berkisar antara 1 - 100 Mbps.

Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa LAN lebih cocok digunakan untuk cakupan warnet  yang koneksi antar komputernya terhubung melalui kabel sehingga hak akses hanya bagi pengguna yang mengunakan komputer didalam warnet tersebut. Selain itu penggunaan LAN cakupan wilayah aksesnya cenderung lebih sempit karena keterbatasan panjang kabel yang terbatas. Semakin panjang kabel maka resiko gangguan jaringan LAN akan semakin besar terjadi. WLAN memiliki keunggulan dimana cakupan wilayah aksesnya dapat lebih luas bergantung pada kekuatan wireless routernya dalam memancarkan gelombang. Namun, harga wireless router lebih mahal dibandingkan harga router dengan menggunakan kabel biasa. WLAN sangat cocok digunakan bagi perkantoran dan kampus yang cakupan wilayahnya lebih luas dan menghadirkan kemudahan bagi para karyawan maupun mahasiswa yang biasanya menggunakan laptop maupun gadget untuk dapat terhubung kejaringan. 

Sekian pemaparan mengenai LAN vs WLAN semoga dapat membantu Anda dalam menentukan koneksi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan jaringan internet Anda. Pilihlah tipe jaringan yang sesuai sehingga dapat meminimalisir budget instalasi jaringan ini. Thank for reading. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar