Jumat, 18 Januari 2013

TUGAS 4 BAHASA INDONESIA 1


NAMA            : GHARIZA ERINDRIAN
KELAS           : 3KA03
NPM               : 12110987

OUTLINE
1.     Ide                   :  Internet
2.     Topik              : Deep Web
3.     Tema               :  Mengakses Deep Web
4.     Judul               :  Deep Web, Sebuah Dunia Tanpa Batas
5.     Kerangka        :
a.      Pembuka / Pendahuluan
·     Sejarah Internet
b.     Isi / Pembahasan
·     Pengertian Deep Web
·     Isi Deep Web
c.      Penutup / Kesimpulan
·     Menghindari Penyalahgunaan Deep Web



Deep Web, Sebuah Dunia Tanpa Batas

           
            Pada tahun 1969 internet merupakan sebuah jaringan komputer yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk kepentingan militer. Tidak lama kemudian jaringan internet tersebut dikembangkan untuk menghubungkan beberapa Universitas di Amerika demi kepentingan kepentingan guna memenuhi perolehan informasi yang cepat yang dikenal dengan ARPANET. Seiring dengan banyak permintaan dari berbagai pihak untuk memiliki jaringan serupa maka jaringan tersebut meluas dan berkembang hingga saat ini. Jaringan ini menghubungkan komputer – komputer diseluruh dunia yang biasa kita sebut sebagai jaringan internet. Internet masa kini berisi berbagai informasi, mulai dari informasi hiburan, ilmu pengetahuan dll. Tahukah anda internet yang biasa kita akses hanya sebatas dipermukaan ? Masih terdapat banyak informasi yang jauh lebih mendalam disediakan didalam jaringan internet yang disebut sebagai Deep Web.
            Deep Web atau Invisible Web mungkin sebuah istilah yang sangat asing dan sedikit sekali orang yang mengetahui. Sesuai dengan namanya “Deep Web” merupakan sebuah jaringan internet dalam yang berisi informasi – informasi yang jarang kita temui pada jaringan internet biasanya. Bahkan, informasi yang terkandung tidak memiliki batasan sehingga nyaris semua informasi yang dirahasiakan atau dianggap tabu diangkat oleh sebuah web normal akan dapat dengan mudah kita temui pada Deep Web.
Tahukah Anda informasi yang biasa kita temui pada sebuah surface web hanya sebagian kecil informasi yang dapat diindeks oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dll. Informasi yang tedapat pada Deep merupakan informasi yang tidak teriindeks oleh mesin pencari biasa seperti Google sehingga butuh browser khusus dan mesin pencari khusus untuk dapat mengaksesnya. Kebanyakan informasi yang terkandung didalam Deep merupakan dokumen pemerintahan, hasil riset bahkan terdapat pasar gelap yang menjual berbagai perlengkapan mulai dari obat- obatan, senjata api, video porno bahkan jasa pembunuh bayaran dan berbagai perlengkapan lain yang tidak bisa kita dapatkan pada halaman web biasa. Pada tahun 2000 informasi yang terkandung dalam Deep Web jumlahnya 50 kali lipat lebih besar daripada jumlah informasi yang terkandung didalam Surface Web yang biasa kita kunjungi dan terus berkembang hingga saat ini.
Ditangan orang - orang yang tidak bertanggung jawab isi Deep Web dapat disalahgunakan untuk mencari informasi mengenai seseorang ataupun dokumen rahasia dan dimanfaatkan untung kepentingan pribadi yang dapat merugikan banyak orang. Dibutuhkan pengawasan isi dari Deep Web karena saat ini isi dari Deep Web dapat diakses secara bebas dan digunakan secara bebas pula. Oleh karena itu, sebaiknya penggunaan Deep Web harus benar – benar dicermati oleh setiap pengguna dimana informasi yang terkandung didalam Deep Web bukan untuk sekedar main – main. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar