Rabu, 21 November 2012

Tugas 3 Bahasa Indonesia 1


SOAL
1.  Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer. Seperti halnya dashboard yang terdapat di mobil, antarmuka inilah yang memberi tahu Anda mengenai apa yang sedang terjadi serta memiliki tombol dan switch untuk mengakomodasi keinginan Anda. Dari layar tersebut, Anda bisa memilih program aplikasi yang ingin dijalankan atau file data yang hendak dibuka.
2.      Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic)untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital. Gambar tersebut kemudian bias diproses oleh computer, ditampilkan di monitor, disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke computer lain. Scanner telah menjadi awal dunia industry baru yakni electronic imaging , integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan computer grafis yang canggih.

TUGAS
1.     Tentukan ragam bahasa artikel di atas!
2.    Cari diksi (pilihan kata) dalam bidang sitem informasi yang ditemukan pada artikel tersebut dan jelaskan secara definitif.
3.  Temukan kesalahan penalaran, penulisan, dan efektivitas kalimat (gramatikal kalimat) (jika ada) dan lakukan perbaikan pada kalimat tersebut. 
4.      Temukan kalimat topik dalam artikel di atas dan kembangkan opini kalian dengan topik tersebut.

JAWABAN ARTIKEL 1
1.
RAGAM BAHASA LISAN
RAGAM BAHASA TULISAN
1. Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer
1.       Seperti halnya dashboard yang terdapat di mobil
2.       antarmuka inilah yang memberi tahu Anda mengenai apa yang sedang terjadi serta memiliki tombol dan switch untuk mengakomodasi keinginan Anda.

3.  Dari layar tersebut, Anda bisa memilih program aplikasi yang ingin dijalankan atau file data yang hendak dibuka.



2.
DIKSI DALAM BIDANG SISTEM INFORMASI
DIKSI
ARTI DEFINITIF
MONITOR
output device / alat keluaran yang berfugsi untuk menampilkan gambar pada layar
PERANGKAT LUNAK SISTEM
istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya
ANTARMUKA PENGGUNA
merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem
USER INTERFACE
merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Bahasa tersebut merupakan bahasa serapan dari bahasa inggris yang artinya sama dengan antarmuka pengguna
KOMPUTER
serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti
TOMBOL
perangkat input berupa tuts untuk mengetik atau memasukan perintah kedalam sebuah perangkat elektronik
SWITCH
komponen jaringan yang di gunakan untuk menghubungkan beberapa HUB untuk membentuk jaringan yang lebih besar atau menghubungkan komputer2 yang mempunyai kebutuhan bandwidth yang besar
PROGRAM
kumpulan instruksi yang dibuat oleh programmer untuk menyelesaikan suatu masalah
APLIKASI
program yang telah dirancang oleh pembuatnya untuk menyelesaikan masalah yang lebih spesifik
FILE
arsip maupun data yang tersimpan di dalam komputer atau pun perangkat lain
DATA
informasi yang tersimpan didalam sebuah perangkat berupa kode yang hanya bisa dibaca oleh mesin

3.
Kesalahan penalaran, penulisan, dan efektivitas kalimat (gramatikal kalimat)
Kalimat
Perbaikan
Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer
Pencitraan yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface). Antarmuka pengguna (user interface merupakan layar tampilan yang bisa dikendalikan dan berfungsi sebagai penghubung bagi Anda untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan komputer
Seperti halnya dashboard yang terdapat di mobil, antarmuka inilah yang memberi tahu Anda mengenai apa yang sedang terjadi serta memiliki tombol dan switch untuk mengakomodasi keinginan Anda
Seperti halnya dashboard yang terdapat dimobil, antarmuka inilah yang menampilkan informasi bagi Anda mengenai proses yang sedang terjadi serta memiliki tombol dan switch untuk mengakomodasi kebutuhan Anda
Dari layar tersebut, Anda bisa memilih program aplikasi yang ingin dijalankan atau file data yang hendak dibuka.

Melalui layar tersebut, Anda bisa memilih program aplikasi yang ingin ada gunakan atau file data yang ingin anda buka.

4.       “Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer.” merupakan kalimat topik dari artikel diatas yang menjadi inti dari informasi yang akan dijelaskan pada kalimat berikutnya didalam artikel tersebut. Menurut kelompok kami kalimat topik tersebut sudah tepat diletakkan diawal kalimat sehingga inti dari isi artikel langsung diketahui.


JAWABAN ARTIKEL 2
1.
Ragam bahasa tulis:
A. Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic)untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital.
B. Gambar tersebut kemudian dapat diproses oleh komputer.
C. Scanner telah menjadi awal dunia industri baru yakni electronic imaging , integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan computer grafis yang canggih.
Ragam bahasa lisan:
A. Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya untuk menterjemahkan teks, gambar, foto, dan sejenisnya ke dalam bentuk digital.
B. Gambar tersebut kemudian bisa diproses oleh komputer.
C. Scanner telah menjadi awal dunia industri baru yaitu elektronik imaging, integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan komputer grafis yang canggih.

2.      Diksi:
a. Computer : menurut bahasa penerjemah yang disarankan adalah, komputer. Menurutpenyerapan yang disarankan adalah, komputer.
b.      Scanner  : menurut bahasa penerjemah yang disarankan adalah, pemindai. Menurut penyerapan yang disarankan adalah scanner.
c. Electronic imaging : menurut bahasa penerjemahan yang disarankan adalah, pencitraanelektronik. Menurut penyerapan yang disarankan adalah, electronic imaging.



3.      Kesalahan penalaran, penulisan, dan efektivitas kalimat
- computer = lebih efisien jika diganti dengan ‘komputer’
- bias = Kesalahan penulisan. Seharusnya ‘bisa’ bukan ‘bias’
- industry = kata ‘industry’ seharusnya diganti menjadi ‘industri’
- semacamnya = harusnya diganti ‘sejenisnya’
- Ditransmisikan = harusnya diganti ‘dipindahkan’

4.      Kalimat topik pada artikel diatas terdapat pada akhir kalimat yaitu “Scanner telah menjadi awal dunia industry baru yakni electronic imaging , integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan computer grafis yang canggih.”.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar