Selasa, 22 Januari 2013

SEJARAH PERANG SALIB


SEJARAH PERANG SALIB

            Perang salib merupakan salah satu dari sekian banyak perang dunia yang fenomenal. Perang salib merupakan perang yang terjadi sebanyak 6 periode yang berasal dari kata Crusade, peperangan ini bertujuan merebut kota suci Yerusalem tempat aslib suci disimpan. Perang ini terjadi sekitar tahun 1096 – 1270 Masehi. Seiring dengan perang yang terjadi berlarut – larut sekitar 2 abad lamanya, perang ini melibatkan berbagai kepentingan mulai dari politik, sosial, ekonomi dan kepentingan kekuasaan semata. Perang salib sangat berpengaruh dalam hal pandangan dunia barat terhadap dunia islam pada masa itu.
            Banyak yang berpendapat perang salib merupakan perang penebus dosa dimana orang yang gugur didalam peperangan salib merupakan jalan bagi para pendosa untuk menebus dosa – dosanya sehingga banyak pihak yang terlibat dalam perang ini pada masa itu. Perang luar biasa ini melibatkan banyak para petinggi dunia barat dan petinggi muslim pada masa itu sehingga tidak bisa dipungkiri perang ini bukan hanya mengatasnamakan agama melainkan mengandung unsur untuk memperluas kekuasaan dan memperkaya diri individu yang terlibat dalam perang ini.
            Dampak perang salib sangat besar, selain kerugian korban jiwa yang mencapai ribuan bahkan jutaan serta kerugian materi yang tak terhitung terdapat dampak sosial bagi perkembangan dunia saat ini. Interaksi sosial yang terjadi antara dunia barat dan dunia islam semasa perang salib menyebabkan terjadinya banyak perubahan positif diantaranya pertukaran ilmu pengetahuan baik itu ilmu politik, perekonomian, budaya dan masih banyak lagi. Tak dapat dipungkiri perkembangan dunia saat ini salah satunya dipengaruhi oleh terjadinya perang salib. Semoga kita dapat mengambil hikmah dari terjadinya perang salib pada masa lampau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar