Jumat, 25 Januari 2013

Karakteristik Manusia Berdasarkan Golongan Darah


Karakteristik Manusia Berdasarkan Golongan Darah

            Tahukah Anda bahwa menurut penelitian karakteristik manusia dapat ditentukan berdasarkan jenis golongan darahnya ? Menurut seorang ilmuwan Jepang yang bernama Takeji Furukawa pada tahun 1927, golongan darah tersusun atas protein – protein tertentu. Protein – protein tersebut membangun seluruh bagian tubuh manusia sehingga beliau berpendapat bahwa hal ini dapat mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Kondisi psikologis ini lah yang akan menentukan karakter setiap orang berdasarkan golongan darahnya.
            Secara umum golongan darah manusia dibagi menjadi 4 kelompok yaitu A, B, AB & O. Keempat golongan tersebut tersusun oleh protein – protein berbeda dan memiliki keunikan antara golongan darah satu dan yang lainnya. Berdasarkan survey orang yang memiliki golongan darah A cenderung serius, memiliki kreatifitas yang tinggi dan memiliki ketenangan yang cukup baik serta dapat menggunakan inderanya dengan baik namun terkadang terlalu menuntut akan suatu hal. Golongan darah B merupakan kebalikan dari golongan darah A dimana orang yang memiliki golongan darah ini cenderung tidak bisa diam dan memiliki sisi liar dalam dirinya. Golongan darah B memiliki ciri khas periang, ceria namun egois, arogan dan terkadang tidak bertanggung jawab. Golongan darah berikutnya adalah golongan darah AB yang memiliki ciri khas sifat yang dingin namun terkontrol dan memiliki pikiran yang sangat rasional. Golongan darah AB cenderung kesulitan menentukan pilihan walaupun berkepribadian cukup kritis. Golongan darah yang terakhir adalah golongan darah O dimana orang yang memiliki golongan darah ini cenderung bersifat apatis, cuek dan mudah terbawa arus. Sisi positif dari golongan darah O biasanya selalu bersifat optimis walaupun bisa dibilang tidak memiliki kepribadian yang jelas.
            Jepang telah menerapkan pemilihan pegawai yang diseleksi berdasarkan golongan darah. Mengapa menurut orang Jepang hal ini penting ? Karena menurut kepercayaan orang Jepang golongan darah bisa menentukan tempramen dan kepribadian saat bekerja. Sebagai contoh seseorang yang bergolongan darah A tidak cepat tersinggung dan mudah bekerja didalam tim, begitu juga golongan darah B biasanya memiliki kecerdasan diatas rata – rata sehingga mudah menemukan pemecahan masalah sehingga kedua golongan darah ini dapat bekerja sama dengan apik dalam suatu tim. Kedua golongan darah A dan B akan lebih mantap lagi bila bekerja sama dengan orang bergolongan darah O dimana orang – orang yang memiliki golongan darah ini dapat memunculkan gairah dan semangat bekerja sehingga dapat memacu anggota tim untuk bekerja lebih giat lagi. Tidak begitu beruntung bagi orang yang memiliki golongan darah AB karena golongan darah ini cenderung sulit untuk bekerja dalam tim karena golongan darah ini tidak dapat bertanggung jawab apabila terdapat banyak hal yang dituntut dari golongan darah ini. Selain itu golongan darah AB cenderung moody dalam melakukan suatu pekerjaan dimana mereka tidak keberatan membantu selama tuntutan tersebut sesuai dengan kriteria mereka. Ironisnya tidak seorang pun mudah bekerja sama dengan golongan darah ini oleh karena itu golongan darah AB lebih baik bekerja sendiri dan mengambil keputusan sendiri.
            Dibalik itu semua kepribadian tidak semata dibentuk oleh golongan darah karena belum ada penelitian pasti apakah golongan darah benar – benar menentukan kepribadian dan keharmonisan bekerja dalam tim. Faktor lingkungan juga berperan besar dalam pembentukan sebuah karakter. Oleh karena itu perhatikan lingkungan dimana Anda berada dan bentuklah pribadi Anda sendiri. Apakah golongan darah Anda merepresentasikan kepribadian Anda berdasarkan pemaparan diatas ? Anda yang dapat menilai sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar