Jumat, 25 Januari 2013

Masa Depan Seorang Analis Sistem


Masa Depan Seorang Analis Sistem

            Seorang analis sistem memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan dan kemajuan sebuah perusahaan. Analis sistem bertugas merancang sebuah sistem yang dapat diintegrasikan dengan baik pada perusahaan sehingga sebuah perusahaan dapat bekerja dengan maksimal baik dari sisi input, pengolahan informasi serta output dan dapat mencapai target yang diinginkan.  Seorang analis sistem dituntut untuk mampu menjembatani antara kebutuhan informasi perusahan dan solusinya. Dibutuhkan kejelian yang tinggi sebagai seorang analis sistem untuk menentukan sistem terbaik yang akan diterapkan.
Untuk menjadi seorang analis sistem professional dibutuhkan pengalaman kerja serta kemampuan analisis yang tinggi. Selain itu dibutuhkan kemampuan bahasa pemrograman dan bidang ilmu lain karena seorang analis sistem harus mampu menempatkan dirinya diberbagai bidang pekerjaan. Tidak heran gaji seorang analis sistem bisa menembus batas rata – rata bidang pekerjaan lain dalam dunia IT semisal seorang programmer. Gaji seorang analis sistem di Indonesia pada tahun 2012 berkisar antara Rp 3.000.000,-  sampai dengan Rp 6.250.000,- untuk yang memiliki pengalaman 1 – 3 tahun bekerja. Di Amerika gaji seorang analis sistem bisa mencapai $ 80.000,- atau sekitar Rp 60.000.000,- per bulannya. Hal itu disebabkan karena tingginya persaingan kerja dinegara tersebut sehingga dibutuhkan tenaga yang kompeten sehingga tidak heran penawaran gaji pun bisa melambung tinggi nominalnya.
Meskipun gaji seorang analis sistem di Indonesia masih jauh dibawah rata – rata gaji analis sistem diluar negeri tidak dapat dipungkiri suatu saat gaji seorang analis sistem di Indonesia dapat setara dengan gaji analis sistem diluar negeri. Dapat disimpulkan profesi ini sangat menjanjikan dan memiliki prospek yang sangat luar biasa. Sambil menunggu masa itu tiba, mari kita ciptakan pola pikir analis sistem yang brilian dan memiliki terobosan – terobosan guna meningkatkan taraf hidup profesi analis sistem. Selamat berjuang kawan – kawan sistem informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar