Jumat, 25 Januari 2013

Solid State Drive : Media Penyimpanan Masa Depan


Solid State Drive : Media Penyimpanan Masa Depan

            Salah satu perkembangan yang sangat revolusioner dalam media penyimpanan komputer masa kini adalah solid state drive. Mungkin media ini masih asing terdengar dipikiran Anda namun setelah membaca artikel ini mungkin Anda akan tertarik mengganti Harddisk lama Anda dengan Solid State Drive dimana media ini dapat meningkatkan kinerja komputer Anda hingga 2 kali lipat daripada menggunakan Harddisk biasa.
            Solid State Drive merupakan media penyimpanan yang menggunakan ‘flash memory’ sebagai media penyimpanannya. Memang terdengar sangat mirip dengan RAM namun RAM hanya dapat menyimpan data pada saat komputer dihidupkan dan dalam jumlah yang sedikit. Solid State Drive mampu menyimpan data meskipun komputer sedang dimatikan. Komputer memerlukan waktu untuk membaca memori yang tersimpan didalam piringan Harddisk pada saat komputer dihidupkan sehingga waktu yang dibutuhkan menjadi lebih lama. Disinilah keunggulan dari Solid State Drive dimana komputer tidak perlu menunggu karena Solid State Drive sudah menggunakan flash memory sehingga waktu transfer dapat berjalan jauh lebih cepat dibandingkan dengan harddisk pada umumnya. SSD menggunakan semacam jaringan sel elektrik yang dengan cepat mengirim dan memanggil data. Jaringan listrik ini terbagi menjadi bagian-bagian yang disebut “pages”, dimana “pages” atau halaman ini merupakan tempat dimana data disimpan. “Pages” ini kemudian dijadikan satu untuk membentuk “block”.
            Penjelasan diatas diperlukan untuk mengerti konsep SSD, dimana SSD hanya bisa menulis data pada page kosong di sebuah block. Pada hard disk, data akan ditulis pada lokasi dimana piringan magnetic saat itu berada. Artinya, sebuah data dapat dengan mudah di-overwrite. SSD tidak bisa langsung menimpa data yang sudah ada. Pertama-tama SSD perlu mencari page yang kosong dalam sebuah block, kemudian menuliskan data tersebut pada page yang kosong.
            Dapat diambil kesimpulan bahwa SSD menawarkan sebuah teknologi media penyimpanan baru yang sangat cepat. Namun harga SSD masih sangat tinggi dan jauh dari harga harddisk pada umumnya sehingga masih sangat jarang orang yang menggunakan media penyimpanan ini. Anda tertarik menggunakannya ? Silahkan mencoba teknologi baru ini bagi Anda yang memiliki kelebihan rezeki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar