Selasa, 18 Juni 2013

PROGRESS PENULISAN ILMIAH SAYA

Okay, kali ini gue akan sedikit bercerita tentang progress penulisan ilmiah gue. Ide awal untuk penulisan ilmiah ini sebenernya gue mau buat aplikasi berbasis android untuk reminder jadwal kuliah kampus. Berhubung keterbatasan sumber daya otak gue sendiri yang dari semester 1 kurang perhatian sama bahasa pemrograman akhirnya setelah bulan kedua penulisan ilmiah gue terpaksa dan harus memaksa untuk ganti judul. Awalnya gue mau bikin website untuk radio untuk om gue yang buka stasiun radio di daerah Bogor, tapi dosen pembimbing ternyata kurang tertarik dengan ide gue yang cuma sekedar 'website'. Akhirnya gue pura - pura bilang kedosen bakalan lanjutin program android gue, padahal gue ga ngelanjutin program itu karena udah enek liat kodingan  hahaha. Diem - diem gue bikin penulisan tentang aplikasi pengenalan huruf alphabet dan bilangan cacah untuk anak balita menggunakan augmented reality. Gue tertarik sama augmented reality karena sempet nyoba bikin augmented reality sederhana pake objek 3D dan kelihatannya sangat menarik. Dari situ gue mulai ngerjain Penulisan Ilmiah Augmented reality dan sekarang udah hampir selesai. Tahap awal gue menyiapkan model 3D untuk huruf alphabet dan bilangan cacahnya yang diberi warna agar menarik, tadinya pengen objek 3D itu kelihatan bergerak seperti animasi tapi berhubung gue ga menguasai sama sekali tools 3D modeling seperti 3D MAX dan kawan - kawannya maka gue buatlah objek 3D yang sesederhana mungkin sesuai dengan kemampuan yang gue punya. Selesai bikin 26 3D model untuk huruf dan 10 model untuk bilangan cacah gue lanjut proses recording suara. Loh kok suara ? Ya, suara ini bakalan muncul ketika marker diarahkan kekamera, terus muncul objek 3D disertai dengan suaranya. Awal pembuatan projek Augmented Reality ini gue pikir ga bakalan sulit dan ga akan bertemu sama yang namanya koding, tapi ternyata semua diluar ekspektasi gue. Ternyata kalo Augmented Reality menggunakan D'fusion Studio itu perlu sedikit script yang disebut 'luascript'. Mungkin ga bisa dibilang sedikit karena kodingnya aja sampe 500 baris lebih. Koding ini berfungsi untuk mengatur tracking objek 3D dan suaranya supaya muncul pada saat marker kita arahkan kekamera. Dengan luascript ini kita bisa mengatur kapan si objek dan suara muncul dan supaya masing - masing objek muncul berdasarkan marker - marker yang sudah kita tentukan sebelumnya. Untuk penuliasn sendiri gue baru bikin abstraksi dan bab I. Sedikit males bikin penulisan karena aplikasi gue sendiri belum selesai dan belum di acc oleh dosen pembimbing. Ya semoga aja dosen pembimbing ga mempersulit mahasiswa semester 6 untuk penulisan ilmiah ini. Segitu aja cerita tentang progress penulisan ilmiah gue yang sedikit berbau curhat. Tinggal nunggu kebaikan nasib supaya dosen pembimbing meng acc penulisan gue ini. God bless me :)) Amin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar