Rabu, 09 Oktober 2013

Produk Telematika

Telematika merupakan gabungan dari dua bidang ilmu yaitu Telekomunikasi dan Informatika. Telematik berarti bertemunya sistem jaringan telekomunikasi dengan teknologi informasi sehingga menciptakan sistem komunikasi yang efisien dan modern. Produk telematika sendiri merupakan sebuah hasil baik itu perangkat lunak, perangkat keras atau dalam bentuk lainnya yang mampu menghubungkan setiap elemen yang dibutuhkan dalam produk sehingga memudahkan pengguna dalam berkomunikasi melalui jaringan untuk memenuhi tujuan tertentu.
Produk telematika bekerja dengan cara menyampaikan informasi kepada pengguna dari segi telekomunikasi dan informatika. Produk telematika terhubung melalui jaringan kemudian mengirimkan informasi - informasi yang dibutuhkan kepada setiap elemen yang terlibat untuk dilakukan proses lebih lanjut. Informasi yang diterima oleh setiap elemen akan di olah oleh sumber daya yang tersedia sehingga menjadi data valid yang mampu dimengerti oleh pengguna sehingga dapat membantu kegiatan dari pengguna tergantung bidang dari produk telematika itu sendiri.
Dengan adanya produk telematika maka penggunanya dapat mempermudah proses pemrolehan informasi yang tidak dibatasi pada perbedaan ruang dan waktu. Selain itu produk telematika memiliki kelebihan dalam mobilitas yang bisa ditempatkan dimana saja tapi tetap terintegrasi dengan sistem karena berhubungan langsung dengan sistem melalui jaringan secara real time.
Contoh dari produk telematika adalah GPS (Global Positioning System) untuk mengetahui lokasi suatu wilayah baik itu dari dalam kendaraan bermotor maupun smartphone yang telah dilengkapi dengan GPS. Produk telematika yang lain adalah e-banking, video conference dan berbagai media telekomunikasi lain seperti televisi dan radio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar